Kamis, 16 Mei 2013

Manfaat Kalium


Kalium atau potassium (K) adalah mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, Manfaat kesehatan yang didapat dari kalium termasuk  untuk mengatasi stroke, tekanan darah,gelisah, cemas dan stres, kekuatan otot, metabolisme, jantung dan juga masalah gangguan ginjal. Namun fungsi atau manfaat kalium tidak hanya sampai di situ saja, mineral ini juga sangat membatu untuk keseimbangan air, fungsi elektrolit, sistem saraf, dan manfaat kesehatan lainnya secara umum yang berkaitan dengan zat atau mineral kalium

Mineral Potassium (K) atau Kalium adalah paling berlimpah urutan ketiga dalam tubuh manusia, adalah sinonim untuk investasi kesehatan jangka panjang. Kalium ini memiliki kualitas untuk mempertahankan kadar tinggi kesejahteraan tubuh manusia dan gaya hidup yang ceria. semestinya kita tidak boleh mengabaikan mineral kalium dalam pola makan harian kita. Selain bertindak sebagai elektrolit, mineral ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung, otak, ginjal, jaringan otot, dan organ-organ penting lainnya dari tubuh kita agar selalu dalam kondisi yang prima. Kalium klorida memiliki peran utama dengan mineral lain, Ia bekerja dan berhubungan dengan mineral natrium untuk melakukan sejumlah tugas penting tubuh.

Gejala Kekurangan Mineral Kalium

Kekurangan nutrisi jenis apapun dalam tubuh sangat kurang baik dan kalium bukanlah perpanjangan dalam masalah ini. kekurangan konsumsi kalium dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan dan kelemahan otot-otot. Indikasi lain untuk kekurangan kalium termasuk refleks aktif, detak jantung tidak normal, jantung berdebar-debar, anemia dan sakit kepala parah. Orang yang kekurangan kalium juga mengalami tekanan darah tinggi, nyeri di usus, pembengkakan di kelenjar dan diabetes sebagai dampak serius dari kekurangan zat kalium dalam tubuh.

Sumber Penting Makanan Yang Mengandung Kalium

Pola makan seimbang harus mengandung banyak kalium yang wajar, sesuai dengan rekomendasi dari para ahli kesehatan. Untuk daftar sumber makanan paling penting yang mengandung kalium, mineral ini bisa di peroleh dari buah jeruk, sayuran dan biji-bijian. Kalium Juga banyak terdapat dalam, ikan tuna, ayam, produk susu, jus buah segar dan almonddianggap sebagai sumber makanan yang kaya kalium (potasium). Selain itu, kacang-kacangan, biji jeruk, kentang dan produk unggas lain termasuk dalam daftar. Namun, sumber yang paling banyak dari kalium adalah buah pisang.

Manfaat Kalium Untuk Kesehatan

Kalium adalah sebagai nutrisi penting untuk kesehatan, karena sejumlah manfaat kesehatan kalium antara Lain:

Stroke: Kalium memainkan peran penting dalam menjaga kerja otak dalam keadaan normal. Ini sangat penting dalam mencegah terjadinya stroke pada otak manusia. Ini adalah fakta bahwa orang yang menderita penyakit yang mengerikan ini akibat kekurangan nutrisi penting dalam tubuh.

Kadar gula darah: Penurunan kadar kalium menyebabkan penurunan kadar gula darah. Penurunan kadar gula darah menyebabkan sakit kepala, lemah, gemetar dan gugup. Asupan kalium klorida dan natrium menyediakan bantuan langsung dari situasi tersebut.

Gangguan otot: Kalium memainkan peran penting dalam kontraksi otot secara teratur. Kecukupan zat kalium, diperlukan untuk kontraksi teratur dan relaksasi otot. Sebagian besar ion kalium dalam tubuh manusia terdapat di dalam sel-sel otot. kalium memelihara fungsi otot dan saraf yang optimal.

KramKram otot adalah hasil karena kadar rendah kalium dalam darah, kram otot disebut sebagai hypokalemia. makan pisang setiap hari mampu mencegah kram otot. Pisang sangat kaya akan kandungan kalium.

Fungsi otak: saluran Kalium memainkan peran kunci dalam menjaga konduktivitas listrik dari otak dan mempengaruhi fungsi otak. Hal ini juga terlibat dalam fungsi otak yang lebih tinggi seperti memori yang kuat dan konsentrasi tinggi. Selain itu, penyakit serius seperti epilepsi terkait dengan fungsi saluran kalium yang terganggu.

Tekanan darah: Kalium sangat membantu dalam membalikkan peran zat natrium dalam ketidakseimbangan tekanan darah normal. Dengan demikian, ia bertindak sebagai komponen penting, yang mempertahankan normalitas tekanan darah dalam tubuh manusia. Hal ini sangat memungkinkan untuk mencegah penyakit jantung dan hipertensi. Pengaturan tekanan darah adalah fungsi penting dari mineral ini.

Kegelisahan dan Stres: Kalium sangat penting bagi orang yang menderita kondisi mental yang tidak diinginkan seperti kecemasan dan stres. kalium dianggap sebagai buster stres yang sempurna dan dengan demikian memastikan kinerja mental sangat efisien dalam tubuh manusia.

Kekuatan otot: Ini sebenarnya, salah satu manfaat yang paling penting dari kalium, karena zat ini memastikan pertumbuhan yang tepat dari jaringan otot dan pemanfaatan yang tepat dari energi yang dilepaskan selama metabolisme untuk menambah nilai yang signifikan untuk kekuatan otot. Otot-otot, bersama-sama dengan otot jantung, sangat rentan terhadap kelumpuhan akibat kekurangan mineral kalium.

Metabolisme: Mineral Ini membantu dalam proses metabolisme berbagai nutrisi seperti lemak, protein dan karbohidrat. Dengan demikian, kalium adalah nilai besar dalam mengekstraksi energi dari nutrisi yang dikonsumsi oleh manusia.

Gangguan Jantung dan Ginjal: Manfaat kesehatan yang nyata dari Kalium (potassium) memastikan kesehatan yang baik untuk jantung serta ginjal. ini memainkan peran yang tak tergantikan dalam mengatur fungsi kalium. Terlepas dari itu, mineral ini membantu ginjal untuk membuang sampah oleh proses ekskresi. Namun, secara ketat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi tentang dosis kalium.

Air Dalam Tubuh: Potasium atau kalium memiliki peran lain yang signifikan untuk bermain dalam menjaga keseimbangan air dalam tubuh manusia yang diinginkan. Ada berbagai jenis sel, yang memerlukan keseimbangan air yang tepat untuk memfungsikan sel-sel dengan benar dan bantuan kalium adalah sangat penting dalam mengatur keseimbangan sel-sel ini.

Elektrolit: Kalium memainkan peran penting sebagai elektrolit dalam tubuh manusia. Ini membantu dalam mengatur kadar cairan dalam tubuh kita dan dengan demikian melakukan sejumlah fungsi tubuh yang penting.

Sistem Saraf: Potassium membantu dalam meningkatkan semangat refleks saraf untuk mengirimkan pesan dari satu bagian tubuh ke tubuh lain. Hal ini pada gilirannya membantu dalam kontraksi otot untuk melakukan berbagai aktivitas setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar